Ada beberapa macam behel atau kawat gigi berdasarkan jenis bahan, Antara lain:

1. Kawat Gigi Konvensional
Bahan metal: adalah behel gigi yang paling umum digunakan orang. Behel ini terdiri dari biji-biji kecil yang menempel pada setiap gigi yang terbuat dari logam dan diperkuat denan kawat penghubung antar biji-biji gigi. Behel metal yang terkenal memiliki kualitas yg baik adalah behel metal buatan amerika dan jerman. Bahan metal ini dapat bertahan dalam jangka waktu yg cukup lama tanpa menimbulkan karat pada behel.
Bahan sapphire (estetis): adalah behel gigi yang menyerupai bahan metal, tetapi memiliki warna yang serupa dengan gigi sehingga orang yang memakai behel ini akan terlihat sedang tidak memakai behel gigi. Tipe behel ini cukup nyaman saat dipakai, baik untuk mengunyah ataupun berbicara.

2. Kawat Gigi Self Ligating (Damon)
Behel gigi damon adalah behel gigi yang memiliki pengunci sendiri di setiap biji-bijinya. Hal ini membuat behel gigi damon lebih nyaman untuk dipakai karena gigi dapat leluasa bergerak. Behel ini juga memiliki kelebihan stabil dalam pergerakan sehingga tidak memerlukan pengawasan ketat bila dibandingkan dengan macam behel konvensional
Behel selfligating terdapat 2 macam bahan, yaitu metal dan ceramic.

Leave a reply